Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Makanan Terhadap Sisa Makanan Di Afif Catering Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.26576/profesi.v19iNo.2.102Keywords:
Kepuasan Pelayanan Makanan, Sisa MakananAbstract
Kepuasan konsumen merupakan titik awal tumbuhnya loyalitas pelanggan sehingga penting untuk mengetahui penilaian terhadap kepuasan. Faktor – faktor pelayanan makanan yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu ketepatan waktu distribusi makanan, sisa makanan yang tidak dihabiskan, variasi menu makanan, cita rasa makanan, kebersihan alat dan penampilan petugas dalam menyajikan makanan. Sisa makanan adalah jumlah makanan yang tidak habis dikonsumsi setelah makanan disajikan. Salah satu faktor yang mempengaruhi sisa makanan adalah tingkat kepuasan makanan. Tujuan penelitian : untuk mengetahui hubungan kepuasan makanan dengan sisa makanan di Afif Catering Surakarta. Metode penelitian : menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh sebanyak 25 sampel. Tempat penelitian di Afif Catering Surakarta. Data kepuasan makanan diperoleh menggunakan kuesioner sedangkan data sisa makanan diperoleh dari Comstock. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian : didapatkan kategori sebagian besar kepuasan makanan cukup puas sebanyak 78%, dan sebagian besar sisa makan tidak bersisa sebanyak 98%. Hubungan antara kepuasan makanan dengan sisa makanan (p = 0,838). Kesimpulan penelitian : ada hubungan kepuasan makanan dengan sisa makanan di Afif Catering Surakarta.