Gambaran Demografi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Di Yayasan Pembinaaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta

Authors

  • Prasaja Poltekkes Surakarta
  • Linda Harumi Poltekkes Surakarta
  • Rizka Fatmawati ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26576/profesi.v19iNo.2.105

Keywords:

Demografi, Anak, ADHD.

Abstract

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan gangguan perkembangan neurologis yang ditunjukkan dengan adanya kurang perhatian, disorganisasi, dan/atau hiperaktivitas-impulsivitas. Aktivitas visual motor dan perseptual motor sangat penting untuk menstimuli pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pada anak-anak ADHD di YPAC Surakarta..

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan two group pre and post test design yaitu membandingkan hasil tes satu kelompok mendapat Perceptual Motor Training dengan kelompok lain mendapat Visual Motor Integration Training.

Analisis data dilakukan melalui analisis kuantitatif dengan uji komparasi parametrik t test berpasangan (paired t test) pretes – posttes pada masing-masing kelompok secara terpisah, kemudian dilakukan uji t-tes tidak berpasangan antar dua kelompok. Sumber data penelitian berupa : (1) data primer dari hasil tes dengan menggunakan ADHD test (2) data sekunder dari arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan test, observasi dan studi dokumen. Rencana penelitian melalui beberapa tahap, yaitu : perijinan, penarikan sampel, pengumpulan data, validasi data, analisis data dan penarikan kesimpulan.

Manfaat penelitian ini untuk mengetahui gambaran pada anak-anak ADHD di YPAC Surakarta. Data tersebut mempunyai kontribusi bagi okupasi terapis dalam upaya peningkatan pelayanan okupasi terapi yang paripurna terutama pada pada kondisi pediatri.

Downloads

Published

2023-12-12