HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RUANG HEMODIALISA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG

Authors

  • Emilia dewi Universitas aisyah pringsewu

Keywords:

Pengetahuan, kecemasan, Hemodialisa

Abstract

Hemodialisis merupakan pengobatan (replacement treatment) pada penderita gagal ginjal. Kondisi pandemi mengakibatkan kecemasan pada pasien ginjal yang menjalani hemodialisa. Faktor pengetahuan adalah yang paling berpengaruh terhadap kejadian kecamasan apada pasein yang menjalani hemodialisa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kecemasan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa pada masa pandemi covid-19 di Ruang Hemodialisa Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2022.

 

Jenis penelitian kuantitatif, design analitik, pendekatan cros sectional. jumlah sampel yang digunakan sebanyak 29 orang. Analisis yang digunakan adalah bivariate dengan uji chi square.

 

Hasil penelitian diketahui distribusi frekuensi yang mengalami kecemasan sedang 72.4% kecemasan ringan 27.6%. Distribusi pengetahuan responden, pengetahuan buruk 35.5% dan baik 65.5% dimana Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan kecemasan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa pada masa pandemi covid-19 di Ruang Hemodialisa Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2021 dengan nilai p value > 0,05 (0,201 > 0,05). Saran dapat digunakan untuk mengembangkan pelayanan kesehatan khususnya pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani HD pada masa pandemi covid-19.

Downloads

Published

2022-10-27