Efektivitas Edukasi Gizi Terhadap Sedentary Lifestyle Pada Anak Gizi Lebih

Authors

  • Tuti Rahmawati ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Dewi Marfuah Fakultas Ilmu Kesehatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26576/profesi.v19iNo.2.128

Keywords:

Edukasi gizi, Sedentary lifestyle, Gizi lebih.

Abstract

Edukasi gizi yang  dilakukan  pada  anak sekolah dasar  merupakan  upaya  strategis  untuk mengurangi sedentary lifestyle.  Pencegahan  gizi  lebih  sebaiknya  dimulai  sejak  anak . Penelitian   ini   bertujuan untuk   mengetahui   pengaruh   edukasi   gizi   terhadap   perubahan sedentary lifestyle pada  anak  gizi  lebih  di  SD Al Firdaus Surakarta. Metode penelitian menggunakan desain penelitian eksperimental dengan rancangan two groups pretest post test design. Sebanyak 56 orang menjadi sampel penelitian dengan usia 7 - 12 tahun dengan pengambilan data menggunakan metode purposive sampling yang terbagi dalam satu kelompok diberikan edukasi gizi dengan booklet dan satu kelompok hanya diberikan booklet. Edukasi gizi dilakukan seminggu 2 kali selama 1 bulan. Analisa data menggunakan uji Paired T Test dan uji Independent T Test. Hasil penelitian perbedaan sedentary lifestyle sebelum dan sesudah pemberian edukasi gizi dengan booklet (p=0,031), tidak ada perbedaan sedentary lifestyle sebelum dan sesudah pemberian booklet (p=0,076), tidak ada perbedaan sedentary lifestyle sebelum pemberian edukasi gizi dengan booklet dengan kelompok pemberian booklet (p=0,081), ada perbedaan sedentary lifestyle sesudah pemberian edukasi gizi dengan booklet dengan kelompok pemberian booklet (p=0,046). Kesimpulan edukasi gizi efektif terhadap penurunan sedentary lifestyle anak gizi lebih di SD Al Firdaus Surakarta.

Downloads

Published

2023-12-12