Efektivitas Edukasi Gizi Terhadap Sedentary Lifestyle Pada Anak Gizi Lebih
DOI:
https://doi.org/10.26576/profesi.v19iNo.2.128Keywords:
Edukasi gizi, Sedentary lifestyle, Gizi lebih.Abstract
Edukasi gizi yang dilakukan pada anak sekolah dasar merupakan upaya strategis untuk mengurangi sedentary lifestyle. Pencegahan gizi lebih sebaiknya dimulai sejak anak . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi terhadap perubahan sedentary lifestyle pada anak gizi lebih di SD Al Firdaus Surakarta. Metode penelitian menggunakan desain penelitian eksperimental dengan rancangan two groups pretest post test design. Sebanyak 56 orang menjadi sampel penelitian dengan usia 7 - 12 tahun dengan pengambilan data menggunakan metode purposive sampling yang terbagi dalam satu kelompok diberikan edukasi gizi dengan booklet dan satu kelompok hanya diberikan booklet. Edukasi gizi dilakukan seminggu 2 kali selama 1 bulan. Analisa data menggunakan uji Paired T Test dan uji Independent T Test. Hasil penelitian perbedaan sedentary lifestyle sebelum dan sesudah pemberian edukasi gizi dengan booklet (p=0,031), tidak ada perbedaan sedentary lifestyle sebelum dan sesudah pemberian booklet (p=0,076), tidak ada perbedaan sedentary lifestyle sebelum pemberian edukasi gizi dengan booklet dengan kelompok pemberian booklet (p=0,081), ada perbedaan sedentary lifestyle sesudah pemberian edukasi gizi dengan booklet dengan kelompok pemberian booklet (p=0,046). Kesimpulan edukasi gizi efektif terhadap penurunan sedentary lifestyle anak gizi lebih di SD Al Firdaus Surakarta.