Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Lanjut Usia di UPTD Puskesmas Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat
DOI:
https://doi.org/10.26576/profesi.v20i1.145Keywords:
Mutu Pelayanan, Kepuasan, LansiaAbstract
Pelayanan kesehatan mencakup semua layanan yang berhubungan dengan
diagnosis dan pengobatan penyakit, pemeliharaan dan pemulihan kesehatan.
Pelayanan kesehatan yang baik memberikan pelayanan yang efektif, aman,
dan mutu tinggi kepada mereka yang membutuhkannya. Kepuasan pasien
merupakan satu elemen yang penting dalam mengevaluasi mutu layanan
dengan mengukur respon pasien setelah menerima jasa. Berdasarkan data
sekunder diperoleh jumlah kunjungan pasien lanjut usia selama 3 bulan
terakhir yaitu bulan Juli 41 pasien, Agustus 36 pasien dan September
mengalami penurunan jumlah kunjungan yaitu 31 lansia Berdasarkan hasil
pre survey yang dilakukan 7 dari 10 pasien lanjut usia diPuskesmas Pagar
Dewa mengatakan bahwa ada beberapa permasalahan ketidakpuasan dari
pasien terkait pelayanan yang diberikan oleh puskesmas seperti, petugas yang
tidak ramah, kurangnya tempat duduk di ruang tunggu, baik dari segi
pemeriksaan dan pengambilan obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien lanjut usia di UPTD
Puskesmas Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini
dilakukan dengan metode kuantitatif, menggunakan desain penelitian korelasi
dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan diPuskesmas
Pagar Dewa Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat
dengan Jumlah sampel 85 orang pasien lanjut usia dengan teknik Accidental
sampling menggunakan analisis data yang digunakan adalah uji statistik
Gamma. Hasil penelitian, diperoleh p= 0,000<0.012 artinya ada hubungan
antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien lanjut dengan value = 0,692.
Saran dalam penelitian ini diperlukan peningkatan mutu pelayanan dalam
peningkatan kepuasan pasien dan kinerja pegawai puskesmas melalui
peningkatan kerja sama tim, supervisi secara berkala dan adanya perhatian
yang lebih dari pegawai puskesmas dan pimpinan kepada pasien terutama
pasien lanjut usia sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan puskesmas.