Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Lanjut Usia di UPTD Puskesmas Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat

Authors

  • Holdiana Holdiana Universitas Aisyah Pringsewu
  • Rizki Yeni Wulandari Universitas Aisyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.26576/profesi.v20i1.145

Keywords:

Mutu Pelayanan, Kepuasan, Lansia

Abstract

Pelayanan kesehatan mencakup semua layanan yang berhubungan dengan

diagnosis dan pengobatan penyakit, pemeliharaan dan pemulihan kesehatan.

Pelayanan kesehatan yang baik memberikan pelayanan yang efektif, aman,

dan mutu tinggi kepada mereka yang membutuhkannya. Kepuasan pasien

merupakan satu elemen yang penting dalam mengevaluasi mutu layanan

dengan mengukur respon pasien setelah menerima jasa. Berdasarkan data

sekunder diperoleh jumlah kunjungan pasien lanjut usia selama 3 bulan

terakhir yaitu bulan Juli 41 pasien, Agustus 36 pasien dan September

mengalami penurunan jumlah kunjungan yaitu 31 lansia Berdasarkan hasil

pre survey yang dilakukan 7 dari 10 pasien lanjut usia diPuskesmas Pagar

Dewa mengatakan bahwa ada beberapa permasalahan ketidakpuasan dari

pasien terkait pelayanan yang diberikan oleh puskesmas seperti, petugas yang

tidak ramah, kurangnya tempat duduk di ruang tunggu, baik dari segi

pemeriksaan dan pengambilan obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui

hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien lanjut usia di UPTD

Puskesmas Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini

dilakukan dengan metode kuantitatif, menggunakan desain penelitian korelasi

dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan diPuskesmas

Pagar Dewa Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat

dengan Jumlah sampel 85 orang pasien lanjut usia dengan teknik Accidental

sampling menggunakan analisis data yang digunakan adalah uji statistik

Gamma. Hasil penelitian, diperoleh p= 0,000<0.012 artinya ada hubungan

antara mutu pelayanan dan kepuasan pasien lanjut dengan value = 0,692.

Saran dalam penelitian ini diperlukan peningkatan mutu pelayanan dalam

peningkatan kepuasan pasien dan kinerja pegawai puskesmas melalui

peningkatan kerja sama tim, supervisi secara berkala dan adanya perhatian

yang lebih dari pegawai puskesmas dan pimpinan kepada pasien terutama

pasien lanjut usia sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan puskesmas.

Downloads

Published

2022-10-27