PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI SADARI BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI PADA SISWI SMP ZAHA GENGGONG

Authors

  • Tri Iriyani
  • eggy larasati Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.26576/profesi.v20i2.170

Keywords:

Kata kunci: Media edukasi berbasis android, sadari, keterampilan dan remaja

Abstract

Latar belakang: Pemeriksaan payudara sendiri (sadari) merupakan cara mudah untuk mendeteksi dini kanker payudara sedini mungkin. Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara yang timbul ketika sejumlah sel di payudara tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali. Berdasarkan survei yang telah dilakukan world health organization (WHO) tahun 2019, 2,1 juta wanita mengalami kanker payudara  dan lebih dari 600.000 wanita meninggal dunia karena kanker payudara. Salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan kanker payudara di Indonesia adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin melakukan sadari.

Tujuan penelitian: Mengetahui pengaruh media edukasi sadari berbasis android untuk meningkatkan keterampilan pemeriksaan payudara sendiri pada siswi SMP Zaha Genggong.

Metode penelitian: Jenis penelitian ini menggunakan quasi-experimental design dengan rancangan pretest-posttest group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Zaha Genggong. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 60 siswi. Teknik pengambilan sampel total sampling. Variabel bebas yaitu media edukasi sadari berbasis android, variabel terikat yaitu keterampilan. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan ceklist.

Hasil penelitian: Penyuluhan menggunakan media edukasi sadari berbasis android, leaflet dan power point berpengaruh terhadap keterampilan sadari dengan p-value 0,00<0,05. Penyuluhan menggunakan media edukasi sadari berbasis android sadari secara signifikan mempengaruhi peningkatan keterampilan sebesar 83%.

Simpulan: Ada pengaruh penyuluhan menggunakan media edukasi sadari berbasis android yang dikembangkan terhadap keterampilan sadari.   

Downloads

Published

2023-03-01