Transformasi Edukasi TRIAD KRR melalui Animated Interactive Multimedia: Dampaknya Terhadap Motivasi Remaja Awal
DOI:
https://doi.org/10.26576/profesi.v23i1.325Keywords:
Motivasi, Kesehatan Reproduksi, TRIAD KRR, Animated Interactive Multimedia, RemajaAbstract
Remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap berbagai permasalahan kesehatan reproduksi, yang dikenal sebagai TRIAD Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), mencakup seksualitas, penyalahgunaan Napza, dan infeksi HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Animated Interactive Multimedia terhadap motivasi remaja awal dalam memahami TRIAD KRR. Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari 194 siswa yang dibagi menggunakan metode randomisasi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberikan intervensi (p = 0,003), sedangkan tidak terdapat perbedaan motivasi yang signifikan antara kelompok eksperiment jika dibandingkan dengan kelompok kontrol setelah intervensi (p = 0,332). Hasil ini menunjukkan bahwa Animated Interactive Multimedia efektif dalam meningkatkan motivasi remaja awal, meskipun belum terbukti memberikan perbedaan antara kelompok eksperiment jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Oleh karena itu, vidio Animated Interactive Multimedia dapat