Pemanfaatan Booklet Untuk Meningkatkan Keterampilan Penanganan Kegawatdaruratan Kejang Demam Pada Balita

Utilization Of Booklets To Improve The Skills Of Handling Arrival Fever In Infants

DOI:

https://doi.org/10.26576/profesi.v18i1.43

Keywords:

booklet, knowledge, attitudes, skills, febrile convulsions

Abstract

Sebagai sebuah negara berkembang, Indonesia saat ini masih mengalami
masalah kesehatan pada anak. Kematian tertinggi pada anak didominasi oleh
penyakit infeksi yang ditandai dengan demam pada anak seperti: pneumonia,
campak, diare, malaria dan malnutrisi. Anak yang mengalami demam beresiko
tinggi untuk mengalami kejang demam akibat kenaikan suhu tubuh yang tidak
segera ditangani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan booklet
dalam meningkatkan keterampilan penanganan kegawatdaruratan kejang
demam pada balita saat di rumah. Penelitian ini di lakukan di Puskesmas
Sangkrah Surakarta dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain
one group pre-post test. Pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling sebanyak 30 responden. Seluruh data baik tingkat pengetahuan,
sikap dan keterampilan diuji dengan menggunakan uji paired t-test kemudian
dilakukan regresi utuk mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap tehadap
keterampilan responden. Hasil statistik menunjukkan ada perbedaan yang
signifikan antara nilai rata-rata pengetahuan, sikap dan keterampilan
pengukuran sebelum dan sesudah intervensi dengan pemberian booklet
melalui kelas ibu dan anak dengan nilai p value 0,000. Hasil uji regresi
diperoleh nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,857
(p=0,000) yang berati ada pengaruh pemanfaatan booklet dalam
meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan ibu dalam penanganan
Kegawatdaruratan kejang demam balita.Kesimpulan: terdapat pengaruh
pemanfaatan boklet dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan
ibu dalam penanganan kegawatdaruratan kejang demam.

Downloads

Published

2020-11-08