Analisis Tingkat Kemandirian Anak Usia Dini Dalam Penerapan PHBS Di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.26576/profesi.v18i2.58Keywords:
Keyword: Level of Early Childh ood Independence, Clean and Healthy Living BehaviorAbstract
Departemen  Kesehatan Republik Indonesia  melaporkan Sekolah  dengan kriteria PHBS yang baik tahun 2015 sebesar 40% dan Berdasarkan Profil Kesehatan  Indonesia  tahun  2015  perilaku  hidup  bersih  dan  sehat  di
lingkungan  sekolah  sebanyak 68%.  Perilaku  Hidup  Bersih  dan  Sehat  di Sekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikan oleh peserta didik, guru  dan  masyarakat di  lingkungan  Sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. Tujuan PHBS adalah mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. PHBS sekolah merupakan salah satu tatanan yang menjadi fokus untuk menciptakan keadaan sehat. Awal masa sekolah dimulai dari anak usia dini, sehingga perlu diperhatikan tingkat kemandirian dalam penerapan komponen PHBS sekolah. Usia dini merupakan usia paling baik dalam menerapkan kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian anak usia dini dalam penerapan PHBS di sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik sampling dalam penelitian adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 50 anak. Analisa  data menggunakan statistik SPPS. Hasil dalam penilitian ini adalah kemandirian anak dalam penerapan PHBS di semua komponen berada dalam kategori baik sebanyak 88% dan kategori sedang sebesar 12%.