Analisis Tingkat Kemandirian Anak Usia Dini Dalam Penerapan PHBS Di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.26576/profesi.v18i2.58Keywords:
Keyword: Level of Early Childh ood Independence, Clean and Healthy Living BehaviorAbstract
Departemen Kesehatan Republik Indonesia melaporkan Sekolah dengan kriteria PHBS yang baik tahun 2015 sebesar 40% dan Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia tahun 2015 perilaku hidup bersih dan sehat di
lingkungan sekolah sebanyak 68%. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikan oleh peserta didik, guru dan masyarakat di lingkungan Sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran. Tujuan PHBS adalah mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan, berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. PHBS sekolah merupakan salah satu tatanan yang menjadi fokus untuk menciptakan keadaan sehat. Awal masa sekolah dimulai dari anak usia dini, sehingga perlu diperhatikan tingkat kemandirian dalam penerapan komponen PHBS sekolah. Usia dini merupakan usia paling baik dalam menerapkan kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian anak usia dini dalam penerapan PHBS di sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Teknik sampling dalam penelitian adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 50 anak. Analisa data menggunakan statistik SPPS. Hasil dalam penilitian ini adalah kemandirian anak dalam penerapan PHBS di semua komponen berada dalam kategori baik sebanyak 88% dan kategori sedang sebesar 12%.